Monday 12 August 2013

Motivation-Cerita Inspiratif

Ini adalah artikel yang mampu memotivasi dan mengubah cara berfikir saya untuk memperluas konteks dari dalam diri saya. Artikel yang berisi tentang cerita-cerita ringan inspiratif yang mungkin juga berguna untuk anda yang sedang membutuhkan kisah-kisah motivasi. Dan saya ucapkan selamat menikmati artikel ini:


Berpikir "Out of the Box"
Ratusan tahun yang lalu di sebuah kota kecil, seorang pedagang mengalami nasib sial karena sejumlah besar utang kepada lintah darat (rentenir). Rentenir, yang tua dan jelek itu naksir atau menyukai putri cantik anak dari saudagar itu, sehingga ia mengusulkan suatu tawaran kepada si pedagang. Dia mengatakan dia akan melupakan utang pedagang jika ia bisa menikahi putrinya. Baik pedagang dan putrinya ngeri dan takut mendengar usulan tawaran dari rentenir tua itu.
 Tenang saja aku tidak akan memaksa begitu saja kata rentenir itu. Saya akan menempatkan kerikil hitam dan kerikil putih ke dalam kantong kosong. Kemudian anak gadismu itu harus mengambil satu kerikil dari kantong kosong tersebut tanpa melihat terlebih dahulu. Jika dia mendapatkan kerikil hitam, dia akan menjadi istriku dan seluruh hutangmu akan saya ampuni dan menganggapnya lunas. Jika dia mendapatkan kerikil yang berwarna putih. Dia tidak perlu menikah denganku dan utangmu akan tetap saya anggap lunas. Tetapi jika putrimu itu menolak untuk mengambil kerikil, saya sendiri yang akan melemparkanmu ke dalam penjara.
Karena kasihan kepada ayahnya, gadis itu akhirnya mau untuk mengambil kerikil. Dan akhirnya rentenir tua itu pun mengajak gadis itu ke taman yang begitu banyak kerikil warna bertebaran disana.
Mereka berdiri di jalan kerikil bertebaran di taman untuk mengambil kerikil. Ketika gadis itu sedang berbicara dengan ayahnya, si rentenir tua itu berbisik menyuruh anak buahnya membungkuk untuk mengambil dua kerikil. Saat ia mengambilnya, gadis cantik itu melihat dengan mata tajam bahwa ia telah mengambil dua kerikil hitam dan memasukkannya ke dalam kantong. Kemudian rentenir itu meminta gadis itu untuk mengambil satu kerikil dari dalam kantong yang telah dipegangnya.
Apa yang akan Anda lakukan jika Anda gadis itu? Apakah anda harus menasihati dia, apa anda akan mengatakan kecurangan itu? Analisis yang cermat akan menghasilkan tiga kemungkinan:
1. Gadis itu harus menolak untuk mengambil kerikil.
2. Gadis itu harus menunjukkan bahwa ada dua kerikil hitam dalam tas dan mengatakan si rentenir sebagai penipu.
3. Gadis itu harus memilih kerikil hitam dan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan ayahnya dari utang dan penjara.
Akhirnya gadis itu menaruh tangannya ke dalam kantong kerikil tersebut untuk mengambil  satu kerikil. Tanpa melihat, gadis itu meraba-raba dan mengambil satu kerikil lalu membiarkan kerikil itu jatuh ke jalan yang begitu banyak kerikil bertebaran dan akhirnya kerikil itupun menghilang di antara semua kerikil lainnya."Oh, betapa cerobohnya aku,"kata gadis itu. "Tapi sudahlah, jika Anda melihat ke dalam tas untuk satu kerikil yang tersisa, Anda akan dapat membedakan kerikil warna apa yang saya ambil ." Karena kerikil yang tersisa adalah hitam, harus diasumsikan bahwa dia telah memilih satu kerikil putih. Ketidak jujuran seorang rentenir tua itu membuat suatu kondisi yang menguntungkan bagi gadis cerdas itu. Sehingga ia tidak harus menikah dengan rentenir yang tua itu.
PESAN MORAL OF THE STORY: Sebagian besar masalah yang kompleks memiliki solusi, terkadang kita harus berpikir tentang mereka dengan cara yang berbeda Dengan berfikir “Out of the box”


katak


http://kisahkudwe.blogspot.com/2013/08/motivation-cerita-inspiratif.html
Sekelompok katak bepergian melalui hutan, dan dua dari mereka jatuh ke dalam lubang yang dalam.http://www.lifeofhope.com/images/frog.gif
Semua katak lainnya berkumpul di sekitar lubang. Ketika mereka melihat seberapa dalam lubang itu, mereka mengatakan dua katak itu sama saja sudah mati.
Kedua katak mengabaikan komentar dan mencoba melompat keluar dari lubang dengan semua kekuatan mereka.
Katak lainnya terus memberitahu mereka untuk berhenti, dan menganggap kalau mereka sama saja sudah mati.
Akhirnya, salah satu katak mengambil dan memperhatikan apa yang dikatakan oleh katak lain dan menyerah. Dan ia pun jatuh dan mati.
Katak satu lainnya terus melompat sekeras yang dia bisa. Sekali lagi, kerumunan katak berteriak padanya untuk menghentikan semua itu dan meminta si katak agar pasrah bahwa ia sama saja telah mati.
Namun katak itu terus saja melompat dan akhirnya katak itu melompat lebih keras dan akhirnya berhasil keluar. Ketika ia keluar, katak lain berkata, "Bagaimana kamu bisa melakukan itu?"
Namun Katak itu diam saja dan mengatakan terima kasih pada katak lainnya. Dan ternyata seluruh katak baru tahu bahwa dia tuli. Dan ia berpikir kalau semua katak yang lainnya mendorong dan menyemangatinya sepanjang waktu.
Pelajaran yang bisa dipetik:               
 Ada kekuatan hidup dan mati di lidah. Sebuah kata hebat mampu mendorong seseorang untuk bisa melakukan hal apapun dengan kekuatan kata-kata, namun kata-kata juga bisa merampas semua kekuatan kita. Untuk itu kita harus mengetahui mana kata yang baik dan mana kata yang buruk.yang harus selalu ada di pikiran kita.
sumber artikel: inspirational stories


Related Post



No comments:

Post a Comment